Dear Diary


Diary-ku, aku ga ngerti gimana diri ini harus membalas jasamu. Saat senang, sedih, duka, bete, bahagia, kaulah rekan yang pertama kali mendapat cerita. Meski tak bisa bicara. Hanya memandangmu, menggores tinta di lembaranmu, menulis ‘Bismillah’ dengan penaku, aku udah merasa mendapat sahabat di kala sepi dan sunyi. Andai semua manusia sepertimu. Menerima apa adanya. Dear Diary, kau punya sejuta kisah, tapi tak sepatah katapun, kau membuka aib sesama.


Diary, aku harap kau tidak bosan dengan semua cerita yang aku tulis di benakmu. So pasti deh…karena, udah 2 minggu kita ga ketemu. Baru sekarang nih aku bisa bersua lagi dengan Diary-ku tersayang. Jangan ngambek ya…Diary, ini adalah sekelumit pengalaman yang sahabatmu dapatkan selama 2 minggu tinggal di negeri Sakura. Pasti kamu ngerti deh dimana tuh. Iya tempat asalnya Conan Edogawa. Hihihi… Diary, pas aku tiba di Chubu International Airport, Jepang, sahabatmu ini dijemput ama pemudi Jepang yang selidik punya selidik bernama Hiromi. Lucu deh, dengan penampilan yang acak-acakan. Aku pikir dia baru aja bangun tidur, dan ga sempat dandan. Apa mungkin terburu-buru mau jemput aku? Apalagi rambutnya awut-awutan dan celananya belel. Ga kayak aku yang cakep ini. Anggun dong pake jilbab dan kerudung. Ciee….

Namun setelah aku naik kereta api bawah tanah menuju asrama, aku kaget bukan main loh Diary! Ternyata buanyak banget makhluk seperti Hiromi. Gaya penampilan mereka aneh, ga seperti di Indonesia. Rasa kagetku bertambah ruah tatkala (maaf loh ya..), ada sepasang muda-mudi yang ber-kissing ria di dalam kereta. Aku sempat jijay ngeliatnya. “Astaghfirulloh….!!.” aku spontan ngomong seperti itu loh Diary, mungkin panggilan iman kali ye…. Mendengar aku ngomong kayak gini, plus wajah super kaget, kontan mereka pada heran ngeliat aku. Apalagi aku memakai busana panjang tertutup alias jilbab. Kata mereka (orang Jepang) ga pas dipakai ketika musim gugur, ditambah pakai head scarf (kerudung), udah…keheranan mereka mungkin udah numpuk di gudang kali. Padahal, Diary kan tahu…kalo menjalankan perintah Allah itu ga melihat apakah sama atau ga dengan pandangan manusia. Bisa aja manusia memandang jilbab itu ga modis-lah, ga pantes-lah, dan lain-lain. Sedangkan Allah udah mewajibkannya ama kita. Iya kan Diary-ku…

Diary, saat aku berjalan dari subway ke asrama, aku banyak melihat warung berderet di jalan, tapi bukan warung tegal, apalagi warung giras, seperti di Indonesia. Nah, salah satunya ada yang memasang gambar babi lucu (padahal kan ga ada yang namanya babi lucu, ya nggak?? Jijay..). Selain itu, ada banyak pula jidouhambaiki (mesin penjual otomatis) yang menjual berbagai merk minuman keras, mulai dari rasa buah sampe rasa dewasa (apa-an tuch??? Aku sendiri ga tahu, belum pernah minum sich…dan ga bakalan dech). Itu kan konsistensi sebagai muslimah gitu loh..

Diary, tahu ga? Sebenarnya fenomena kayak gini bukan pertama kalinya aku lihat loh.. Waktu di Indonesia, aku banyak melihat gaya hidup muda-mudi Jepang di televisi atau majalah. Cuman agak kaget aja, sekarang semua kulihat dengan mata kepalaku sendiri. Ya Allah…cewek Jepang paling demen memakai rok super duper mini dan sepatu boot. Kalo ga salah rok mini di negeri kita yang muslimnya buanyak dan meluberpun juga bukan sesuatu yang tabu. Apa memang negeri kita itu niru budaya yang nyeleneh kayak gini ya? Amerika, Eropa dan Jepang, gaya hidup teenagers-nya banyak yang diadopsi ama remaja kita. Diary, yang aku tahu tuh contohnya gaya potong rambut rejeng-rejeng dan diblonde. Padahal ga bener…Aku sampe sebel loh lihat remaja muslim seperti itu. Ups…ga boleh ya…mereka kan teman kita. Jadi kudu disadarkan. Ya gitu deh.

Diary, ada satu lagi loh kebiasaan remaja Jepang yang buruk. Mereka suka menghabiskan waktu minum bareng ampe larut malam, plus pergaulan bebas, walhasil bangunnya pun siang (rata-rata kantor dan sekolah dimulai jam 9 pagi). Molor abis tuh.

Diary, terlepas dari scene di atas, kalau kita cermati nih, remaja Jepang juga kan makhluk Allah juga sama kayak kita-kita. Karena kita ciptaan Allah, maka wajar donk kalau kita kudu mengabdi kepada-Nya dan otomatis kudu taat ama semua aturan-Nya. Tul nggak?? Diary, bener kan kalo segala tingkah laku dan perbuatan kita selama di dunia akan dihisab oleh Allah setelah mati. Kalo aku baca dan renungi QS Al-Hijr : 92-93, aku jadi takut loh kalo kejerumus ke hal yang tidak-tidak. Diary, kayaknya aku harus bersyukur karena dilahirkan di keluarga muslim. Aku masih bisa ngerasain gimana suasana Islami di keluargaku. Beda jauh loh ama di Jepang.

Diary, kayaknya perlu deh kita semua yang notabene adalah muslim juga bersyukur denagn keadaan ini. Nah, gimana cara kita bersyukur?? Ya tentu dengan cari ngaji, cari tau tentang Islam donk?!! Ini salah satu kewajiban buat kita semua looo…

Diary udah tahu kan, kalo remaja putri yang dah baligh harusnya menutup auratnya, yaitu selain muka dan telapak tangan, dengan memakai jilbab (baju terusan yang ga kepotong) dan menutupkan kerudung sampai ke dadanya. Ini juga untuk ngingatkan aku loh, kalo ayat untuk jilbab bisa dibaca di QS Al-Ahzab:59, dan untuk khimar (kerudung) bias dilihat di QS. An-Nuur :31. “Waduh mbak… kuno, kayak orang tua aja….”. Eits!! Ini perintah Allah loh….jangan sampe deh kita nyesel di akhirat nantinya. Ih amit-amit…ngeri.

Diary, jilbab juga bisa loh modis. Aku pake loh yang bermotif. Aku juga suka pake jilbab yang warnanya ceria (seceria hatiku untuk beribadah nih….) dan di matching-kan ama khimarnya. Diary aku ingat kata guru ngajiku, “jangan sampe dech, kita keluar dengan jilbab kuning nyala, khimar merah membara dan kaos kaki hijau cling” (wah kayak lampu lalu lintas donk…). Ya, pokoknya dipadankan, gimana caranya supaya serasi, modis, tapi tetap sesuai syari’at (aturan Allah), yang antara lain: ga press body….(entar jadi saingannya lontong lhoo..) dan ga terawang or tipis. Apa Diary ? Banyak yang ga PD?? Kenapa musti ga PD? Padahal ini salah satu tiket masuk ke surga-Nya. Ya…PD aza lagi…..

Diary, soal makanan nih, kalo di Indonesia aku pikir ga masalah yang rumit, kita bisa dapetin banyak makanan yang halal di toko dan warung. Ga seperti di Jepang, tiap belanja bahan makanan aja, kita kudu hati-hati ama komposisinya. Diary…lucu nih, suatu hari temen Jepangku ngomong, “Saya heran, gimana orang Islam bisa hidup dengan banyak larangan terhadap makanan”. Diary, aku jawab aja “Saya justru heran berlipat-lipat, kenapa orang Jepang ga bisa hidup dengan ga makan babi and ga minum sake atau minuman keras lainnya.” Padahal nih Diary, Allah cuma mengharamkan sedikit dari sekian banyak makanan halal. “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah” (Al-Baqoroh 173). Nah lo, banyak toh yang bisa kita makan… tapi buat kita remaja putri, bukan hanya halal aja yang musti kita perhatiin. Lihat juga kandungan gizi dan proteinnya, jangan sekedar asal kenyang….. Kalo untuk minuman, Rasulullah SAW bersabda, “segala yang mengacaukan akal dan memabukkan adalah haram” (HR Abu Dawud). Jadi, yang namanya minuman keras (bir, wine) dan sake itu haram loh Diary.

So girls, setiap kali kita mau bertindak, kita kudu ngerti apakah perbuatan itu diperintah, dibolehkan, atau dilarang oleh Allah. Kita tahu kan ada 5 macam aturan Islam? Ada wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram. Nah kita kudu menjauhi hal-hal yang diharamkan oleh Allah, usahain pula njauhin yang makruh. Kurangi yang mubah dan perbanyak amalan yang sunnah. Kalau amalan wajib mah, udah kudu semestinya dan harus kita jalankan non. Nah, supaya kita tahu macem-macem aturan Islam, ga ada cara lain selain ngaji. Berarti, ngaji emang wajib buat kita, kalo dilaksanakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan, mendapat dosa. Ok girls, just PD with syari’ah. Eh Diary, udah dulu ya…aku harus ngaji nih. Aku tutup dulu…C U.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar