Over Kosmetik


By the way…mudeng ga sih ama maksudnya? kalo ga mudeng, ini adalah sejenis ‘penyakit’ yang tanpa sadar banyak diantara kamu terjangkit olehnya.

Penasaran soal ‘penyakit’ ini? Yo wis..baca terus ya?
Dulu, ‘penyakit’ yang satu ini hanya menyerang para cewek, tapi…seiring perkembangan jaman (yang ga semakin baik ini), muncul indikasi bahwa para cowok pun mulai dilirik oleh ‘penyakit’ ini.
Waduh..sebenernya ini penyakit apa sih??

Pren, over cosmetics adalah ‘penyakit’ dimana penderitanya memakai kosmetik dalam kuantitas yang berlebihan. Dan ‘penyakit’ ini biasanya tidak menyerang secara individu, tapi…dia berduet dengan temennya yang lebih populer kita kenal sebagai ‘penyakit’ tabarruj, yup, berhias yang berlebihan.

Masuk akal khan? Kalo kamu berhiasnya berlebihan, otomatis kosmetik yang kamu gunakan juga banyak dan berlebihan banget! Maybe mulai alas bedak (foundation), perona mata, perona pipi, lipstik, maskara, bedak tabur, bedak padat, pelembab de el el tumplek blek di wajah kamu. Waduh non… kacian banget deh wajah kamu?! Batal jadi wajah tuh, jadi wajan kali ye?! Lha wong campur aduk gitu!

Tapi…kalo kamu ga merasa terjangkit penyakit ini, terusin dulu ya bacanya? Jangan stop sampe sini aja, ok?!
Jangan mentang-mentang kamu ga punya ‘peralatan perang’ seperti diatas, kamu memvonis dirimu bebas dari ‘penyakit’ ini. tunggu dulu neng…

Meskipun kamu tipikal cewek ‘sederhana’ yang cuma punya sabun wajah doank, bisa aja kamu juga termasuk penderita over cosmetics ini. Sekarang, coba inget-inget deh dosis pemakaian sabun wajahmu, berapa kali dalam sehari? 1, 2, 3, ato 5 kali dalam sehari sebelum berwudhu? Kalo kuantitas pemakaian sabun wajahmu lebih dari 3 kali dalam sehari, bisa dikatakan kamu udah over cosmetics lho?!. Coba baca deh aturan yang biasanya tertulis di bagian belakang kemasan sabun wajah kamu, umumnya, di situ aturan pemakaiannya cuma 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore/malam hari. Aturan itu ga asal lho, tapi ada dasarnya. Kenapa di pakai pagi hari? Karena waktu kamu tidur, kulit kamu bekerja mengekskresikan minyak-minyak dan zat-zat racun dari dalam tubuh kamu. Coba kamu perhatiin, kalo bangun pagi wajahmu berminyak khan?

Trus kenapa dipake malam hari? Supaya sebelum tidur wajahmu besih dari kotoran, karena untuk proses pengeluaran ato ekskresi tadi, pori-pori jangan sampai terhalangi atau tersumbat oleh kotoran. Kalo sampai itu terjadi, sama aja namanya kamu ngundang komedo en jerawat buat kondangan di wajah kamu. Padahal, ga diundang aja udah datang ya?! Hehe..

Tapi kalo menurutmu 2 kali pemakaian itu ga cukup, kamu bisa nambahain lagi dosisnya satu lagi. Jadi dalam sehari kamu maximal memakai sabun wajahnya 3 kali. Dan lebih baik di pakai siang hari, dimana kondisi udara sekitar udah terkontaminasi oleh polutan-polutan yang bakal cepet menutup pori-pori wajahmu, jadi perlu segera di bersihin.

Kalo kamu membandel dan memakainya berlebihan, ga malah bersih yang kamu dapetin, tapi malah kulit kering atau kulit yang tambah berminyak!

Pasalnya, kulit akan melakukan natural balancing alias keseimbangan alami. Jadi ketika kamu pake sabun, otomatis minyak alami wajah kamu bakal ilang karena teremulsi oleh sabun, akibatnya kelenjar minyak di wajahmu akan menambah jumlah pengeluarannya karena dia mau menyeimbangkan kadar minyak untuk menjaga kelembaban dan keelastisan kulitmu. Tapi kalo kamu ngelakuin ini terus menerus, kulit bakal kewalahan. Karena kulit juga punya batas kemampuan kerja, apalagi kalo kamu udah memasuki masa stagnansi atau malah penurunan regenerasi kulit, maka minyak yang kamu eliminasi ama sabun itu ga bisa digantiin oleh kulitmu, jadinya wajah kamu akan mengalami kekeringan. Yang akibatnya kulitmu akan kelihatan keriput, kusam dan gampang terkelupas.

So…perhatiin aturan pemakaian kosmetik kamu ya? Dan inget…kalo perlu minimalin pemakaian kosmetik! Ok girls?!
Sstt… jangan bilang siapa-siapa ya? Ini rahasia kita-kita aja! Kamu tau ga kalo air wudhu bisa menggantikan semua kosmetik wajah kamu?! Caranya, cukup dengan wudhu tepat waktu alias sholat tepat waktu! Ga percaya??

Coba pikir deh, kalo kamu sholat shubuh, wajah bangun tidurmu akan dibersihin ama air wudhu, bukankah itu sesuai dengan teori ekskresi tadi?! Trus waktu dhuhur, ini timing yang tepat banget buat berwudhu, karena siang hari merupakan peak season buat udara kotor, polutan, dan aktifnya kelenjar minyak di wajah karena suhu udara yang panas. Ashar, kondisi udara emang ga begitu parah dibandingkan siang hari, tapi tetep aja masih banyak polutan sisa yang wira-wiri di udara. Trus wudhu di waktu maghrib, sebenernya hampir sama dengan ashar tapi lebih cenderung bertujuan ngilangin minyak diwajah. Last but not least, wudhu Isya’, yang ini buat ngilangin semua kotoran supaya ga nyumbat pori-pori sehingga proses ekskresi bisa berlangsung optimal.

Subhanallah..memang di balik segala sesuatu terdapat hikmah yang tersembunyi. Jadi, kalo boleh berkesimpulan, waktu sholat itu tidak asal ditentukannya, ada maksud yang tersembunyi jika kita mau berpikir dan mencari tahu.
Well girls, lebih banyak lagi kamu berwudhu, semakin bebas wajahmu dari kotoran-kotoran. Kotoran duniawi ilang, kotoran hati dan pikiranpun melayang! Sip khan?! Say bye-bye for cosmetics, and lets take wudhu!!!! (Nik)

Wallahu’alam bis showab

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar